HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.166.199.178
Pengunjung : 306.849






Komentar Terbaru :




Newsflash :
PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK SMP TAR 1 JKT YG MERAIH 'JUARA I GITAR SOLO' DLM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI

SEJARAH SD TARAKANITA GADING SERPONG

Keberadaan SD Tarakanita Gading Serpong berawal dari sambutan baik Yayasan Tarakanita menanggapi tawaran PT. Jakartabaru Cosmopolitan , pengembang perumahan Gading Serpong saat itu.

Sejarah SD Tarakanita Gading Serpong tidak dapat terlepas dari sejarah TK Tarakanita Gading Serpong dan SD Tarakanita Citra Raya. Sosok sentral dalam sejarah SD-TK Tarakanita Gading Serpong adalah Dra. Sr. M. Justa Sri Sumarni , CB yang akrab disapa dengan Suster Justa. Beliau bersama-sama orang terpilih yang telah merintis dan meletakkan dasar sedemikian rupa sehingga menjadi seperti sekarang ini.

Perjalanan awal SD Tarakanita Gading Serpong tidaklah mudah. Gedung menjadi tapak sejarah berdirinya SD-TK Tarakanita Gading Serpong adalah 3 buah Ruko yang beralamat di Jl. Raya Kelapa Sawit Blok BF 1 No. 32 – 34 Gading Serpong.
SD-TK Tarakanita Gading Serpong dibuka dengan penuh keterbatasan yaitu pada hari Minggu, 16 Juli 1995. SD-TK Tarakanita Gading Serpong  diresmikan dan mulailah tapak pertama menuju Pelayanan Pendidikan yang Terbaik.
Ketangguhan dan harapan besar serta berkat kasih Tuhan yang menyala merupakan sajian paling menguatkan setiap pemilik tapak pertama SD Tarakanita Gading Serpong.

Orang-orang pemilik tapak pertama SD Tarakanita Gading Serpong adalah:
         1.    Dra. Sr. M. Justa Sri Sumarni CB. (Kepala Sekolah)
         2.    Sophia Esthin Erni Lestari (Guru)
         3.    Magdalena Chori Rahmawati (Guru)
         4.    Andreas Suryana (Tata Usaha)
         5.    Markus Watono (Pembantu Pelaksana)

Siswa pertama Tahun Pelajaran 1995/1996 buah perjuangan yang luar biasa berjumlah 40 anak, terdiri dari:
Kelas I     : 28 siswa ( 1 kelas )
Kelas II    : 12 siswa ( 1 kelas)

Terbatasnya ruangan dan fasilitas tidak menyurutkan semangat memberikan pelayanan pedidikan yang terbaik. Dengan motto “Tuhan dimuliakan, Sesama Diabdi”, bersama Bunda Elisabeth senantiasa memberikan pelayanan pengabdian untuk sesama. Suka-duka silih berganti mengiringi langkah untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bercirikan Tarakanita. Semangat yang berarti pendidikan tidak hanya mengerjar prestasi belajar, tetapi juga kepribadian yang utuh seiring berkembangnya ilmu dan teknologi.

Usaha keras dan dedikasi tinggi, sedikit demi sedikit mulai membuahkan hasil. Buah ketangguhan dan kesabaran seiring dengan tumbuhnya kepercayaan masyakat terbukti pada tahun pelajaran 1996/1997 jumlah siswa menjadi 208 siswa.

Berkat Tuhan sungguh luar biasa dengan menyiapkan tempat terbaik dan menghantar keluarga Tarakanita Gading Serpong ke gedung yang baru dan megah di Jl. Raya Kelapa Cengkir Tengah No. 1 Sektor 7 Gading Serpong pada tanggal 2 Januari 1997. Gedung ini berdiri di atas tanah seluas 3 hektar. SD Tarakanita Gading Serpong secara administrasi terletak di Kp. Cibogo Wetan RT 01 RW 03 Desa Kelapa Dua Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang Propinsi Banten.
Gedung SD-TK Tarakanita Gading Serpong diremiskan oleh Bapak H. Saifullah Abdurahman selaku Bupati Tangerang pada tanggal  27 November 1997. Sedangkan pemberkatan gedung oleh Bapa Kardinal Julius Darmaatmadja, SJ Uskup Agung Jakarta pada tanggal 28 November 1997.

Guna mendukung dan meraih keberhasilan dalam menarik kepercayaan orang tua siswa dan pemberian pelayanan terbaik, faktor keamanan dan ketentraman adalah hal yang sangat penting, sebab tanpa keamanan yang kondusif hasilnya tidak akan maksimal. Untuk itu kerjasama dengan masyarakat sekitar senantiasa dijalin, sehingga masyarakat sekitar dapat merasakan hal positif dengan keberadaan Sekolah Tarakanita Gading Serpong, untuk itu warga sekolah selalu menjalin silaturahmi dengan melakukan kunjungan saat hari raya, pemberian tali kasih berupa sembako dan hewan korban yang berlangsung sampai saat ini.

Sr. Justa yang memimpin sekolah ini selama 3 tahun (1995 – 1998) telah berhasil meletakkan dasar yang kokoh dan banyak pengalaman yang sangat berguna untuk melanjutkan karya-karya yang telah dirintis kemudian beliau berkonsentrasi di Yayasan Wilayah Tangerang.

Karya selanjutnya diteruskan oleh Bapak Benedictus Bejo Lianto yang bertugas selama 2 tahun yaitu 1998/1999 sampai 1999-2000, pada masa ini Sekolah Tarakanita semakin dikenal luas karena keaktifan Pak Beni di KKG Kecamatan Curug.

Tahun Pelajaran 2000/2001 Sr Theresiata CB memimpin sekolah ini sampai tahun pelajaran 2002/2003, beliau banyak melakukan perubahan dalam memimpin, sehingga banyak catatan yang ditoreh prestasi yang dipetik, baik akdemik, kejuaraan, dan jumlah pertumbuhan siswa.
Sr Maria, CB memimpin SD Tarakanita Gading Serpong mulai tahun pelajaran 2003/2004 sampai dengan tahun 2005/2006 beliau mengukir sejarah penting karena berani membuka diri dan melaksanakan kegiatan yang melibatkan  banyak lembaga lain dalam acara kegiatan “ Bulan Bahasa” dan kegiatan Lustrum ke-2 SD Tarakanita Gading Serpong.

Dari tahun pelajaran 2006/2007 sampai saat ini SD Tarakanita Gading Serpong dipimpin oleh Sr Veronia CB, S.Pd. Pada periode ini mulai banyak tantangan yang arus dihadapi, karena semakin banyak bermunculan sekolah-sekolah disekitar Gading Serpong, dengan menawarkan berbagai fasilitas, dan kemudahan-kemudahan, yang menyebabkan animo masyarakat agak menurun karena adanya banyak pilihan. Namun begitu banyak prestasi yang terukir pada periode ini, Banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan SD Tarakanita Gading Serpong Tangerang, diantaranya Perayaan dan peringatan hari besar keagamaan, Peringatan HUT RI, Carolus Day, Pesta Siaga, Perkemahan Jumat Sabtu ( PERJUSA ), Bulan Bahasa, Hari Pangan Dunia, Go Green, Bakti Sosial, Field Trip, Retret,Karnaval budaya, Pesta dan Study Budaya.

Tuhan selalu memberikan jalan dan pencerahan, melalui pelayanan yang prima, pelaksanaan program 5R (ringkas,rapi, resik, resik,rawat) sekarang mulai berkembang lagi dan mendapat kepercayaan dari masyarakat di sekitar Gading Serpong, Alam Sutra, BSD, Lippo Village.

SD Tarakanita Gading Serpong telah membuka pendaftaran siswa baru untuk TP 2012-2013 mulai bulan Oktober 2012, silahkan datang ke sekolah kami dan bergabung dalam proses kegiatan pendidikan bersama pendidik yang berpengalaman.